Tuesday, September 10, 2024

Sudah Alamikah Keju Pilihanmu ? Yuk Cari Tahu Tentang Keju di Community Gathering Perfetto Surabaya



Bicara tentang keju siapa sih yang tidak kenal dengan salah satu bahan makanan satu ini? apalagi anak-anak genZ dan Alpha,, sepertinya hampir semua kudapan yang mereka santap mengandung keju untuk penyajiannya.

Salah satu bahan makanan yang berasal dari Timur tengah ditemukan secara tidak sengaja oleh para pengembara Arab, Keju adalah sebuah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. 

Keju banyak sekali jenisnya  ditentukan dari tipe susu, metode pengentalan, temperatur, metode pemotongan, pengeringan, pemanasan, juga proses pematangan keju dan pengawetan, tapi dalam tulisan kali ini saya ingin membahas tentang keju Mozarella dulu yah

Tahu enggak ... ternyata keju yang beredar dipasaran itu sejatinya banyak yang tidak terbuat dari bahan asli keju, yaitu susu. Tapi lebih banyak ke air, tepung, pengemulsi dan bahan pengawet, dan sangat sedikit mengandung susu..hah, yang bener? jadi selama ini kita makan adonan tepung donk

Eits.. tenang tapi masih ada koq beberapa produk tetap konsisten dengan menggunakan bahan yang berkualitas yaitu susu sapi murni dan enzim rennet,

Kadi bagaimana sih cara membedakan keju yang beneran keju dan keju olahan yang isinya cuma tepung itu ?

Oke.. pas kebeneran beberapa hari yang lalu saya hadir di acara Community Gathering and Cooking Demo yang diadakan oleh  produsen keju Perfetto dan  komunitas pecinta kuliner YoRipe .

Acara yang  digelar di Boncafe Restaurant 7 September 2024 lalu bertajuk "Creating The Perfect Dish of The Day with Perfetto" membuat saya jadi banyak tahu kalau ternyata keju yang otentik itu yang seperti apa.

Minta foto dari akun Instagram Wajah Bunda Indonesia Jawa timur


Acara yang  cooking demonya  dibawakan oleh Chef Ridwan ini pamer 3 resep makanan yang full keju, Corndog - Cheese Gyoza - Cheese Toppoki semua resep simpel tapi enak lho, cara membuatnya mudah dan cepat.


Chef Ridwan on action

Salah satu resep Cheese toppoki

Ada foto booth juga lho

Naah.. dari acara ini saya jadi tahu kalau keju mozarella yang otentik itu memiliki ciri-ciri :

  • Lebih creamy
  • Masa simpan lebih pendek
  • Harus disimpan di suhu chiller/lemari pendingin
  • Dibuat dari susu sapi asli
  • Tekstur lebih lembut dan mulur tidak membuat kelolodan saat dimakan
Perfetto menjamin semua produknya memenuhi syarat untuk masuk kategori keju otentik, dan memang saat acara,  saya yang hadir mewakili komunitas Wajah Bunda Indonesia - Jawa timur juga merasakan kalau keju produksi mereka memang lebih terasa creamy dan lebih lembut.




Jadi mulai sekarang tahu yah Mams keju mozarella seperti apa yang merupakan keju asli dan otentik? kalau saya sih pilihnya Perfetto.




No comments:

Post a Comment